Jumat, 08 Juni 2012

Kerajinan Anyaman Kalimantan Dipamerkan





Radio M Martapura, JAKARTA - Pameran dan seminar pengembangan kerajinan anyaman Kalimantan digelar di ruang Galeri Institut Francais Indonesia (IFI) Jakarta mulai Jumat (8/6/2012) hingga 14 Juni mendatang. Pameran ini terselenggara berkat kerjasama IFI dengan Yayasan Bhakti Total Bagi Indonesia Lestari (Total E&P Indonesie Foundation), dan Institut Teknologi Bandung.

Pameran dan seminar yang saat ini sedang berlangsung itu adalah bagian dari Program Pelestarian Kerajinan Kalimantan. Dalam usahanya untuk mengembangkan kerajinan tradisional ini, bekerja sama dengan Fakultas Seni Rupa dan Design ITB Bandung, Yayasan Bhakti Total Bagi Indonesia Lestari menginginkan adanya produk-produk anyaman kreasi baru yang dapat dipakai. Bukan hanya sebagai alat dekorasi, tetapi dapat juga dipakai sehari-hari dengan tetap ada sentuhan tradisional etnik Dayak.

Untuk tujuan tersebut, ITB telah menyelenggarakan kompetisi desain di antara para mahasiswa dan alumninya untuk mendapatkan ide-ide dan desain-desain baru sesuai dengan maksud di atas. Kompetisi design telah berlangsung dengan baik.

Sebagai bagian dari kompetisi ini, diselenggarakan juga seminar dan pameran bertema the Development of Kalimantan Handicrafts yang menampilkan barang-barang kerajinan Kalimantan, baik yang bersifat tradisional maupun hasil kreasi baru.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management